Inilah Hukum Sikat Gigi Saat Puasa

Hukum Sikat Gigi saat Puasa

Hukum sikat gigi saat puasa – Bulan ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan keistimewaan. Di bulan suci ini umat muslim menunaikan ibadah puasa ramadhan yang wajib hukumnya untuk dilaksanakan tak seperti puasa sunnah. Selain melaksanakan ibadah puasa, umat islam juga berlomba-lomba untuk melaksanakan ibadah yang lainnya seperti shalat tarawih, bersedekah, membaca Alqur’an dan melaksanakan kebaikan lainnya.

Adapun di bulan ramadhan, kita sebagai umat muslim harus tetap menjaga kebersihan diri dan melaksanakan aktifitas yang lainnya seperti bekerja. Menjaga kesehatan merupakan salah satu hal yang penting saat berpuasa termasuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Kesehatan mulut dan gigi bisa kita jaga dengan rajin menyikat gigi dan berkumur, namun bagaimanakah hukum sikat gigi saat puasa? Untuk mengetahuinya simak penjelasan berikut:

Sikat gigi merupakan aktifitas rutin yang kita lakukan setiap hari untuk membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan. Sikat gigi penting untuk dilakukan mengingat sisa-sisa makanan di mulut dapat merangsang pertumbuhan bakteri dalam mulut dan menimbulkan berbagai masalah seperti karies gigi, gigi berlubang, gusi berdarah dan nafas tak sedap. Rasulullah sendiri rutin menyikat giginya dengan menggunakan siwak setiap berwudhu sebelum melaksanakan shalat wajib ataupun shalat sunnah.

Berdasarkan hasil penelitian, sikat gigi atau siwak efektif dalam menjaga kesehatan mulut dan menghindarkan kita dari berbagai penyakit yang menyerang organ mulut. Meskipun demikian, sebagai umat islam kita mungkin sering bertanya bagaimana hukumnya menyikat gigi saat berpuasa terutama saat puasa ramadhan. Karena saat menyikat gigi pastinya kita menggunakan odol atau pasta gigi serta air untuk berkumur. Ada beberapa pendapat ulama yang menyatakan bahwa hukum menyikat gigi berikut adalah beberapa diantaranya

  1. Mubah

Menyikat gigi saat puasa adalah mubah atau diperbolehkan apalagi jika menggunakan siwak. Siwak merupakan sejenis kayu tanaman siwak yang digunakan Rasulullah untuk membersihkan giginya dan kini banyak umat islam yang meniru kebiasaan Rasulullah SAW tersebut. Ulama juga berpendapat bahwa hukum menyikat gigi mubah atau boleh baik dengan menggunakan sikat gigi, siwak maupun pasta gigi karena menyikat gigi tidak termasuk dalam hal-hal yang bisa membatalkan puasa seseorang. Adapun puasa ramadhan batal jika orang tersebut minum, makan atau melakukan persetubuhan.

  1. MakruhHukum Sikat Gigi Saat Puasa

Hukum menyikat gigi makruh atau sebaiknya dihindari menurut pendapat sebagian ulama karena menyikat gigi walaupun diperbolehkan, hal tersebut bisa mengurangi bau mulut yang menurut hadits bau mulut orang yang puasa lebih harum daripada harum bunga kasturi.

Menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi juga makruh hukumnya karena dikhawatirkan pasta gigi yang memiliki rasa yang sangat kuat tersebut akan ikut masuk kedalam perut atau tak sengaja tertelan meskipun sudah berhati-hati. Adapun sebagai umat islam sebaiknya kita menjauhi halatau perkara yang sifatnya belum pasti. Hal ini sesuai dengan pendapat Imam Nawawi yang mengatakan bahwa jika seseorang bersiwak dengan menggunakan siwak yang basah lantas cairan dari siwak tadi terpisah lalu tertelan, atau adanya serpihan dari siwak yang ikut tertelan, maka puasanya batal. Hal ini tidak ada perbedaan di antara para ulama

Menyikat gigi saat puasa memiliki manfaat untuk membersihkan sisa-sisa makanan dalam mulut, menghilangkan bau mulut serta menjaga nafas lebih segar. Menyikat gigi juga bsia menjaga kesehatan mulut dari infeksi bakteri yang menyebabkan gigi berlubang, gusi berdarah dan lain sebagainya.

Adapun dampak menyikat gigi saat puasa terutama dengan menggunakan pasta gigi yakni hilangnya bau mulut yang dalam islam diyakini bau orang berpuasa lebih harum dari bunga kasturi dan dikhawtirkan dapat membatalkan puasa apabila pasta gigi tersebut atau ada air yang tertelan saat menyikat gigi. Untuk menghindarinya sebaiknya anada berhati-hati dalam menyikat gigi saat berpuasa. Itulah sekilas tentang hukum sikat gigi saat puasa. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *